Perempuan dengan Tujuan, Dapat Mengatasi Semua Rintangan!

Punyalah sebuah mimpi, sebuah tujuan. Ubah nasib sendiri, tingkatkan kualitas hidup. Pastikan anak-anak kita mencapai mimpi mereka, dan hidup lebih baik dari kita. Itulah prinsip yanh dianut oleh Emak.

Ia tak memposisikan dirinya sebagai pendamping, yang hanya mendukung suami. Ia pioneer. Ia berdiri tegak, ikut mengayun kampak, menebang pohon, membuka ladang pertanian. Itu langkah pertamanya untuk memastikan ia bebas dari kemiskinan.

Ia punya mimpi. Anak-anaknya mesti sekolah. Tapi di kampung tak ada sekolah. Itu tak menghalanginya. Emak mengayuh sampan 3 hari demi mengantar anaknya untuk dititipkan sekolah di kampung lain. Kemudian ia mendorong Ayah untuk mengajak orang kampung membangun sekolah.

Kelak saat anaknya memerlukan biaya lebih besar, Emak mencoba berdagang kain. Ia beli kain di kota, lalu ia jajakan keliling kampung. Tak cukup dengan itu, ia pun belajar merias pengantin.

Tak ada kata tidak bisa. Emak dengan suatu tujuan, semua halangan sanggup ia lompati. Sejatinya, demikianlah semua perempuan, para pejuang.

Perempuan bukan makhluk lemah. Mereka sangat kuat. Mereka bukan pelengkap, tapi mitra, pasangan bagi laki-laki, untuk berjuang bersama, menggapai mimpi.

Wahai perempuan, tetapkanlah tujuanmu. Lalu gerakkan energi pikir dan jasadmu untuk mencapainya. Kau akan menghadapi rintangan, tentu saja. Tapi kau pasti bisa. Bahkan ketika kau harus berjuang sendiri, kau tetap bisa.

catatan Kang Hasan

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Mari Berkomentar...


Categories: Catatan Kecil