Kangen Water itu Pseudoscience!

Sudah lama saya ditanyai soal khasiat kangen water. Baru sekarang sempat menulis jawabannya. Pertama, cara membacanya adalah kan-gen, bukan kangen yang artinya rindu dalam bahasa Indonesia. Kan-gen ditulis 還元 dalam bahasa Jepang. Artinya kembali ke asal.

Kangen Water itu Pseudoscience

Kangen Water itu Pseudoscience

Produk ini sama sekali tidak mencerminkan mereknya. Kalau yang dimaksud asal adalah air alami, produk ini sama sekali tidak alami. Air yang alami adalah air yang disusun dari molekul H2O, dengan pH 7. Adapun air ini, ia diolah dengan eletrolisis, menjadikannya banyak mengandung ion OH-, sehingga pH-nya naik, sampai 8-9. Cuma itu.

Air yang diionisasi (sering disebut alkaline water) ini diklaim berkhasiat baik untuk tubuh. Di antara khasiatnya adalah, mencegah kanker. Katanya, sel kanker tidak bisa tumbuh dalam lingkungan basa. Sebenarnya, semua sel tubuh tidak bisa tumbuh dalam lingkungan basa. pH normal dalam tubuh kita adalah 7,35 – 7,45. Bila terjadi ketidak seimbangan, maka tubuh kita akan melakukan penyesuaian, sampai tercapai lagi kondisi itu.

Tapi, apa yang terjadi bila kita minum air dengan pH 8? Tidak ada. Air yang kita minum akan berinteraksi dan bereaksi dengan zat-zat lain dalam tubuh kita, seperti air liur dan cairan tubuh. Ia akan diubah menjadi air dengan pH 7,35 sampai 7,45 tadi.

Kangen water ini hanyalah teknik marketing, dengan jargon-jargon ilmiah yang sama sekali tidak ilmiah. Ini disebut pseudoscience. Perlu dicatat bahwa penjual mesin ionisasi air ini tidak hanya Kangen, tapi ada banyak merek lain seperti Esentia, Eternal, dan sebagainya. Artinya, kalau Anda beli air ini, Anda membeli air dengan harga yang sangat muaaahaalll.

sumber: catatan Kang Hasan di Facebook

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Mari Berkomentar...


Categories: Kesehatan