Dari Mimpi Menjadi Kebiasaan

Saya sedang menyusun sebuah program training untuk mahasiswa, dengan durasi sekitar 6 jam, dengan tema ini: From Dream to Habit (Dari Mimpi Menjadi Kebiasaan). Bagian pertama berisi tentang gugahan untuk membangunkan anak-anak muda, agar mereka bermimpi. Bagian kedua, mengenali jalan menuju mimpi itu. Bagian ketiga, menyusun rencana untuk menempuh jalan menuju mimpi. Bagian keempat, membuang kebiasaan-kebiasaan buruk, membangun kebiasaan baik. Rencananya training ini akan saya uji coba di UGM dalam waktu dekat.

Dari Mimpi Menjadi Kebiasaan

Baca juga: Kata Motivasi Pembangkit Semangat Sukses!

MIMPI (Dream)
Bemimpilah. Mimpi adalah sesuatu yang indah, yang ada dalam pikiran kita. Dalam hal ini mimpi adalah soal sesuatu yang ingin kita capai di masa depan. “Saya ingin bekerja sebagai profesional di bidang energi,” kata seorang mahasiswa mahasiswa pertambangan di sebuah kuliah saya. Itulah pernyataan mimpi. Saya ingin jadi sesuatu, saya ingin melakukan sesuatu.

VISI (Vision)
Mimpi kita ubah menjadi visi. Apa itu visi? Visi adalah sesuatu yang ingin kita capai. Ada jalan menuju ke sana. Mengubah mimpi menjadi visi artinya mengumpulkan informasi, mengetahui jalan yang harus ditempuh. Jalan itu yang menghubungkan kita dengan mimpi kita. Hubungan antara posisi kita sekarang dengan mimpi kita, itulah visi kita.

Tapi mimpi dan visi saja tidak mengubah apapun. Banyak orang yang hidupnya selesai dengan mimpi. Aku ingin begini, aku ingin begitu. Tapi hanya selesai sampai di situ.

RENCANA (Plan)
Agar mimpi menjadi nyata, kita perlu menapakkan kaki, melalui jalan yang menghubungkan diri kita dengan mimpi tadi. Sebelum berjalan, kita harus membuat rencana. Rencana dibuat secara jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Kemudian, rencana itu dilaksanakan. Hasilnya dievaluasi, dan dilakukan modifikasi rencana, bila diperlukan.

KEBIASAAN (Habit)
Apa yang mendukung berjalannya berbagai rencana? Perubahan perilaku. Rencana dibuat untuk mendapatkan hasil positif. Hasil positif hanya bisa didapat dari perilaku positif. Perilaku positif sering tidak bisa dibangun, karena orang terbelenggu oleh kebiasaan-kebiasaan lama, yang tidak positif.

Kebiasan ini adalah hal yang menarik. Kebiasaan positif akan memberi hasil luar biasa. Kenapa? Karena kita melakukannya terus menerus. Hal kecil yang dilakukan terus menerus, akumulasi hasilnya akan besar. Tapi kebiasaan juga bisa negatif.

Hal negatif yang terus menerus kita lakukan akan menghasilkan akumulasi negatif. Maka mengubah kebiasaan, membongkar kebiasaan lama yang negatif, menjadi kebiasaan baru yang positif, adalah langkah yang sangat penting dalam mewujudkan mimpi.

Coba kita balik masalahnya. Apa yang terjadi bila kita tidak punya mimpi? Kita tidak membangun visi. Tanpa visi, kita tidak menyusun rencana. Tanpa rencana, kita tidak akan melakukan apapun. Kalaupun ada, yang kita lakukan hanyalah hal-hal reaktif, berdasarkan stimulus yang kita dapatkan. Kita tidak bertindak atas dasar keinginan kita sendiri.

Tanpa rencana, kita tidak akan mengubah kebiasaan. Kita akan tetap jadi orang lama, dengan kebiasaan lama. Tidak akan ada perubahan dalam hidup kita.

Singkat kata, tercapai atau tidaknya mimpi kita ditentukan dari kebiasaan-kebiasaan kita. Ditetukan dari tindakan kita setiap hari, setiap saat.

Baca juga: Kumpulan Kata Motivasi Kehidupan untuk Kesuksesan anda!

Dari Mimpi Menjadi Kebiasaan

Dari Mimpi Menjadi Kebiasaan

sumber: catatan Kang Hasan di Facebook
5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Mari Berkomentar...


Categories: Kata Motivasi