Waspadai Gejala Kecanduan Menonton TV pada Anak

Gejala Kecanduan Menonton TV pada Anak – Menonton TV di rumah biasanya menjadi salah satu kegiatan yang disukai anak-anak. Orang tua pun tak cemas karena anaknya tidak bepergian atau bermain di luar rumah.

Namun sebenarnya aktivitas anak yang sering menonton TV di rumah juga patut diawasi secara teliti. Jangan sampai anak-anak mengalami kecanduan TV yang berdampak pada kesehatan, prestasi, dan kemampuan sosialisasinya.

Gejala Kecanduan Menonton TV pada Anak

Gejala Kecanduan Menonton TV pada Anak

Apa saja Gejala Kecanduan Menonton TV pada Anak?

Berjam-jam Menghabiskan Waktu di Depan TV

Jika anak menonton TV selama berjam-jam dan tidak melewatkan beberapa acara yang sedang ditayangkan, kemungkinan besar anak-anak mulai kecanduan TV. Kini acara-acara TV memang dikemas dengan gimik luar biasa untuk menarik perhatian pemirsa.

Acara TV yang menarik juga didukung oleh kualitas TV LED yang ada di rumah. TV LED Samsung terlaris yang ada di MatahariMall tentu menjadi pilihan orang tua untuk melengkapi perangkat elektronik di rumah. Namun jangan sampai penggunaan TV LED berkualitas malah membuat anak mengalami kecanduan TV. Pengawasan dari orang tua tetap menjadi faktor penting untuk membatasi durasi menonton TV bagi anak.

Anak Marah Jika Diajak Mematikan TV

Anak-anak yang sudah kecanduan TV bisa menjadi pribadi yang agresif ketika diajak mematikan TV. Padahal selain TV, masih banyak aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan anak saat berada di rumah.

Prestasinya Mulai Menurun

Karena terlalu sering menonton TV dan mengabaikan waktu belajar, akibatnya prestasi anak mulai menurun. Lebih parahnya lagi, anak mulai enggan bersekolah atau mengikuti kegiatan bimbingan belajar bila aktivitas tersebut bentrok dengan acara TV favoritnya. Bila tidak segera ditangani, hal ini berpotensi membuat anak bolos sekolah dan tidak mau berkegiatan di luar rumah.

Tidak Mau Diajak Bepergian

Mulai menolak diajak pergi jalan-jalan atau makan di luar rumah. Itulah gejala lain yang menunjukkan perilaku kecanduan TV pada anak. Karena biasanya anak-anak cenderung memilih untuk tetap di rumah dan menikmati acara-acara TV kesukaannya. Anak seakan tak ingin melewatkan sedetik pun waktu menonton TV di rumah.

Bila keempat gejala tersebut mulai tampak pada anak-anak, segera lakukan langkah tegas untuk mengatasinya. Ajaklah anak-anak untuk bersosialisasi dan berikan pengertian tentang manfaat dan durasi menonton TV yang baik. Jangan sampai perilaku kecanduan TV mengganggu tumbuh kembang anak

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Mari Berkomentar...


Categories: Parenting