Ingin Hamil Lagi Setelah Keguguran? Ketahui Hal-Hal Berikut ini…

Hamil Setelah Keguguran – Kehamilan setelah keguguran bisa mendatangkan stress atau bisa membuat seseorang kebingungan. Mungkin saja beberapa pertanyaan berikut ini hadir di benak bunda misalnya, kapan waktu terbaik untuk hamil kembali setelah keguguran? Atau, apa mungkin keguguran akan terjadi lagi di kehamilan selanjutnya? Faktanya, banyak wanita sukses Hamil Setelah Keguguran, tetap sehat serta selamat hingga persalinan setelah mengalami keguguran pada kehamilannya yang pertama

Perasaan cemas dan bingung serta takut akan terjadi keguguran pada kehamilan berikutnya menyebabkan bunda stres dan was-was sepanjang waktu. Bukannya menguntungkan, justru sebaliknya, hal itu akan banyak merugikan bunda.

Beberapa tips berikut ini akan membantu bunda memahami tentang Hamil Setelah Keguguran dan langkah-langkah yang harus diambil agar kehamilan bisa sukses dan tetap sehat.

Penyebab Keguguran

Keguguran atau kehilangan bayi sebelum minggu ke-20 bisa terjadi pada siapa saja. Dan kebanyakan, keguguran terjadi karena janin tidak berkembang secara normal. Beberapa masalah seperti kelaianan kromosom atau gen biasanya adalah penyebab terjadinya keguguran. Selain itu, kondisi kesehatan ibu itu sendiri seperti, apabila mengidap penyakit diabetes, atau masalah rahim dan servik juga bisa mengakibatkan keguguran. Perlu bunda ketahui bahwa, beberapa keguguran tidak diketahui penyebabnya

BACA JUGA: Inilah Cara yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Keguguran!

Apakah Mungkin Keguguran Kembali Terulang?

Pada umumnya keguguran hanya terjadi satu kali saja. Kebanyakan wanita yang mengalami keguguran memiliki kehamilan yang sehat pada kesempatan kedua. Kurang dari 5 persen perempuan mengalami dua kali keguguran berturut-turut, dan hanya satu persen yang memiliki atau pernah mengalami tiga kali keguguran berturut-turut.

Tes Khusus yang Direkomendasikan

Jika bunda mengalami lebih dari satu kali keguguran atau lebih dari dua kali keguguran, bunda harus mempertimbangkan pengujian untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya keguguran tersebut sebelum bunda mencoba untuk hamil lagi. Berikut adalah beberapa contohnya.

Tes Darah

Sampel darah biasanya akan dievaluasi dan bisa membantu mendeteksi masalah yang terjadi dengan hormon atau apabila ada kelainan pada sistem kekebalan tubuh.

Tes Kromosom

bunda dan pasangan jika sudah diuji melalui darah, selanjutnya akan diuji melalui kromosom yang bunda dan pasangan miliki. Karena bisa jadi, masalah pada kromosom adalah penyebabnya. Prosedur yang bisa dilakukan untuk mendeteksi masalah apabila terdapat pada rahim.

USG

Metode pencitraan atau USG yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar dari struktur tubuh sangat dibutuhkan untuk mengetahui kondisi tubuh yang bunda miliki. Selain itu, melakukan tes menggunakan perangkat ultrasound atau transduser juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi rahim.

BACA JUGA: Cara Memulihkan Diri Setelah Keguguran

Histeroskopi

Ini adalah sebuah alat yang bisa disisipkan, berbentuk kecil seperti teleskop disebut histeroskopi. Alat ini akan disispkan melalui leher rahim untuk melihat kondisi rahim. Selain mengecek kondisi dinding rahim bunda, alat ini juga bisa digunakan untuk melihat bukaan saluran tuba

Hysterosalpingography

Ini merupakan teknik lain yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi rongga rahim dan saluran telur menggunakan gambar X-ray

Sonohistogram

Ultrasonografi ini digunakan untuk mengecek rahim dan bisa dimanfaatkan untuk mencari berbagai masalah yang ada di dalam lapisan rahim penyebab keguguran.

Dengan menjalani berbagai tes dan pemeriksaan, bunda memiliki kesempatan lebih besar untuk menghindari keguguran di kehamilan berikutnya. Selain itu, apabila ditemukan penyebabnya, dokter bisa mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu bunda melewati kehamilan dengan sukses. Serviks lemah, atau penyakit tertentu, bisa di obati atau bisa ditangani dengan operasi dan obat.

Hamil Setelah Keguguran

Hamil Setelah Keguguran (ilustrasi)

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Hamil Setelah Keguguran

Mari Berkomentar...


Categories: Kehamilan