Tips Mengurangi Sakit Maag saat Kehamilan

Tips Mengurangi Sakit Maag saat Kehamilan – Untuk bunda yang sedang hamil, penurunan selera makan yang disertai rasa mual dan muntah adalah hal yang wajar terjadi akibat dari pengaruh hormon. Namun sayangnya, kondisi ini sangat bersiko untuk menimbulkan sakit maag, atau semakin memperparah kondisi maag bunda

Beberapa hormon-hormon yang mempengaruhi kehamilan seperti hormon estrogen yang membangun lapisan dinding rahim akan menyebabkan mual. Sementara itu, hormon progesteron akan menimbulkan relaksasi pencernaan yang kemudian menjadikan kerja usus lebih lambat dari sebelumnya.

Untuk bunda yang mengalami hal ini, berikut Tips Mengurasi Sakit Maag saat Kehamilan yang bisa bunda coba:

Tips Mengurangi Sakit Maag saat Kehamilan

Tips Mengurangi Sakit Maag saat Kehamilan

Tips Mengurangi Sakit Maag saat Kehamilan

  1. Hindari Stres. Ketika hamil, bunda akan merasakan sebuah tekanan fisik dan psikis yang kemudian bisa memicu meningkatnya produksi asam lambung. Untuk itu, hindarilah stres dan segala pikiran yang bisa membuat bunda merasa tertekan.
  2. Menikmati Kehamilan. Untuk bunda yang sedang maag atau ingin mencegah maag, cobalah untuk menjaga kesehatan psikis bunda dengan cara menikmati masa-masa kehamilan tersebut. Apalagi kehamilan pada trimester awal menjadi fase dimana rasa mual dan muntah itu menjadi tak tertahankan lagi.
  3. Hindari Perut Kosong. Jangan biarkan perut bunda kosong dan usahakan sebisa mungkin untuk sarapan. Bagi bunda yang sering mengalami morning sickness, teguklah segelas air hangat pada pagi hari. Selain itu, buatlah menu sarapan yang lebih variatif sehingga bunda menjadi lebih berselera.
  4. Mengatur Pola Makan. Berbadan dua tentu akan membuat bunda menjadi kehilangan nafsu makan. Padahal, asupan makanan bagi ibu hamil sangat penting karena inilah jalan satu-satunya bagi sang janin untuk menerima nutrisi. Aturlah pola makan bunda dengan porsi yang kecil namun memiliki intensitas yang sering. Dengan demikian, bunda tidak akan terlalu kenyang yang biasanya membuat ibu hamil tidak nyaman.
  5. Mengunyah Makanan. Kunyahlah makanan bunda secara perlahan agar rasa kenyang itu bisa didapatkan. Tips mengurangi sakit maag saat sedang hamil yang satu ini juga bisa membantu bunda untuk menjaga kebersihan mulut. Selain itu, hal ini akan memperlancar sistem pencernaan karena air liur yang dihasilkan bisa memecah partikel makanan yang bunda kunyah. Air liur ini juga akan membantu dalam penyerapan nutrisi dan vitamin dari makanan.
  6. Jangan Berbaring Setelah Makan. Bagi bunda yang merasa tidak nyaman setelah makan, hindari untuk berbaring karena asam lambung sangat mudah kembali ke kerongkongan. Pastikan bunda mengambil jeda sekitar 30 hingga 45 menit sebelum berbaring. Saat berbaring, usahakan agar posisi kepala bunda bisa lebih tinggi dari kaki. Posisi ini bertujuan untuk mencegah asam lambung bunda naik menuju kerongkongan.
  7. Gunakan Pakaian Hamil. Pakaian yang longgar ataupun yang didesain khusus untuk ibu hamil bisa memberikan rasa nyaman pada bunda. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghindarkan tekanan di bagian perut sehingga bunda bisa beraktifitas dengan nyaman. Baca: Inspirasi Fashion untuk Ibu Hamil
  8. Konsumsi Obat. Jika pada akhirnya bunda memutuskan untuk mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Bagaimanapun juga, kondisi bunda yang sedang berbadan dua mewajibkan bunda untuk tidak mengkonsumsi sembarang obat, karena bisa berdampak secara langsung pada janin.

Secara umum, kesehatan selama kehamilan bisa dijaga dengan menghindari makanan yang bisa merangsang naiknya asam lambung seperti makanan asam, kopi, dan juga minuman bersoda. Usahakan untuk menjaga pola makan bunda serta jalanilah gaya hidup yang sehat selama masa kehamilan bunda.

Semoga informasi mengenai Tips Mengurasi Sakit Maag saat Kehamilan di atas bisa membantu bunda untuk melalui periode kehamilan dengan lebih baik.

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Mari Berkomentar...


Categories: Kehamilan