Cara Mengatasi Biduran Pada Bayi & Balita Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Biduran Pada Bayi – Biduran atau biasa disebut dengan kaligata merupakan reaksi yang terjadi pada pembuluh darah di kulit, yang diakibatkan oleh suatu rangsangan yang mengakibatkan munculnya bintik-bintik berwarna merah di kulit yang terasa gatal.

Bintik-bintik ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Biduran ini disebabkan oleh virus, parasit, jamur, atau pun bakteri. Biduran juga disebabkan karena reaksi alergi yang berasal dari lingkungan seperti bulu binatang, debu, tungau, zat pewarna, pengawet, obat-obatan atau bahan kimia. Biduran yang disebabkan reaksi non alergi seperti panas, dingin, dan cahaya.

Bayi/balita yang terkena biduran ditandai dengan benjolan agak keras pada kulit, karena lapisan dermis kulit mengalami pembengkakan. Jika biduran terjadi di wajah, maka mata akan menjadi sipit merah dan wajah sendiri akan menjadi merah tebal. Biduran akan timbul, hilang, dan timbul lagi dalam waktu kurang dari 24 jam.

Jika terjadi biduran, seorang ibu pasti akan khawatir dan panik. Ibu pasti akan memikirkan pengobatan apa yang baik untuk bayinya agar segera sembuh dari biduran. Ibu dapat memeriksakan si bayi saat terkena biduran ke dokter atau rumah sakit, agar bayi dapat mendapatkan penanganan yang baik.

Cara Mengatasi Biduran Pada Bayi

Cara Mengatasi Biduran Pada Bayi

BACA JUGA: Penyebab Dan Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Akan tetapi selain memeriksakan si bayi ke dokter, ibu juga dapat melakukan pengobatan sendiri di rumah, yaitu dengan berbagai ramuan alami yang pastinya aman untuk bayi bunda serta efektif untuk mengobati biduran pada bayi bunda.

Cara Mengatasi Biduran Pada Bayi

Berikut adalah beberapa cara mengatasi biduran pada bayi yang dapat bunda lakukan menggunakan bahan-bahan yang alami:

Menggunakan ramuan dari kunyit

Caranya yaitu:
Siapkan bahan-bahan seperti kunyit, kapur sirih, garam, jeruk nipis, dan air. Bersihkan kunyit dan jeruk nipis menggunakan air sampai bersih. Haluskan kunyit menggunakan ulekan sampai halus. bunda juga bisa memarutnya. Kemudian tambahkan sedikit garam dan campur menggunakan segelas air. Setelah itu, biarkan semalaman sampai terdapat cairan bening di atas endapan. Gunakan cairan bening tersebut sebagai obat biduran.

Menggunakan jeruk nipis

Caranya:
Belah jeruk nipis menjadi dua kemudian peras untuk diambil airnya. Tumbuk kunyit dan tambahkan dengan air, ambil dua sendok makan air kunyit tersebut. Campur perasan jeruk nipis dan dua sendok kunyit hingga rata. Ramuan tersebut siap diminum untuk mengobati biduran pada bayi bunda.

Menggunakan biji adas

Caranya :
Siapkan biji adas, kunyit, bawang merah, dan air panas. Bersihkan kunyit dan bawang merah. Kemudian haluskan biji adas, kunyit, serta bawang merah. Tambahkan air panas secukupnya dan aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu saring air ramuan tersebut dari ampasnya. Ramuan tersebut dapat ibu minum kan pada si bayi tiga kali sehari dan secara teratur selam tiga hari untuk mengobati biduran.

Itulah beberapa macam cara mengatasi biduran pada bayi yang bisa bunda lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Mari Berkomentar...


Categories: Ibu & Bayi