Tips Memilih Ayunan untuk Bayi

Tips Memilih Ayunan untuk Bayi – Ayunan bayi (baby bouncer) adalah salah satu solusi paling baik untuk mengurangi beban seorang ibu pada saat mengasuh anak. Hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan memang ayunan bisa dimanfaatkan untuk menimang-nimang bayi layaknya gendongan seorang ibu.

Ada bermacam-macam jenis ayunan yang dikenal, mulai dari yang menggunakan per dan digantung di langit-langit, hingga ayunan standar yang menggantung di frame. Berbagai jenis ayunan tersebut bisa bunda sesuaikan dengan budget yang bunda miliki, kebutuhan, dan kepraktisannya.

BACA JUGA: Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan: The Simple Guide!

Jenis-Jenis Ayunan Bayi

  • ayunan bayi per
  • ayunan bayi elektrik
  • ayunan dengan frame
  • ayunan bayi travelling
Tips Memilih Ayunan untuk Bayi

Tips Memilih Ayunan untuk Bayi (ilustrasi). image: www.kiddonesia.com

Ayunan bayi per

Tips Memilih Ayunan untuk Bayi

ayunan bayi per (merek baby joey), gambar kepunyaan olx.co.id

Ini adalah ayunan manual yang dioperasikan menggunakan tangan dan digantung di langit-langit atau di kayu palang. Ada yang dijual satu paket dengan alat atau tempat tidur bayi dan ada juga yang dijual terpisah. Begitu juga dengan pilihan per-nya, ada yang menggunakan dua, dan ada juga yang menggunakan tiga per tergantung dari bobot bayi yang akan menggunakannya.

Ayunan jenis ini berharga cukup murah sekitar Rp. 50.000-Rp. 100.000. Namun yang harus menjadi pertimbangan diantaranya adalah, bunda membutuhkan tempat di langit-langit yang kokoh agar bayi tidak jatuh dan ayunan tidak roboh. Selain itu, cara konvensional atau cara manual makan sedikit merepotkan karena setiap saat bunda diharuskan dekat dengan ayunan.

Ayunan bayi elektrik

Tips Memilih Ayunan untuk Bayi

electric baby craddle – image: www.thebump.com

Jenis lain dari ayunan yang digantung ada yang menggunakan elektrik dan berharga sedikit mahal. Ayunan tersebut tentu tidak mengharuskan bunda selalu dekat dengan ayunan karena sudah ada mekanisme elektrik yang membuat ayunan tersebut bekerja dengan sendirinya.

Walaupun sedikit mahal, model ini bisa menjadi alternatif bagi bunda yang ingin segera menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan tidak ingin direpotkan oleh bayi.

Ayunan dengan frame

Tips Memilih Ayunan untuk Bayi

ayunan bayi dgn frame, bisa digerakkan manual/elektrik. image: www.thebump.com

Ini adalah model ayunan modern yang sudah banyak ditemukan di kota-kota besar. Ayunan ini biasanya terbuat dari frame yang kokoh. Sama seperti ayunan yang digantung, ayunan ini juga memiliki beberapa pilihan, yaitu manual dan elektrik. Serta ada juga pilihan bergoyang ke depan dan ke belakang atau ke samping kiri kanan.

Soal harga, ayunan model ini berharga jauh lebih mahal dibandingkan dengan ayunan-ayunan yang digantung di langit-langit. Namun, kembali, semua itu harus bunda pertimbangkan sesuai dengan budget dan kebutuhan. Berikut adalah beberapa saran yang mungkin bisa menjadi pertimbangan dalam memilih ayunan.

Ayunan bayi travelling

Tips Memilih Ayunan untuk Bayi

travelling baby bouncer – image: www.madeformums.com

adalah ayunan bayi yang didesain dengan kompak dan mudah dilipat, cocok bagi bunda yang sering menggunakan ayunan dan sering bepergian dengan mobil seperti berlibur atau sering menginap di rumah kakek dan nenek

Tips Memilih Ayunan untuk Bayi

  • Pilih ayunan dengan alas datar

Beberapa ayunan yang dijual memiliki alas yang melengkung sehingga postur bayi pun akan berpengaruh. Padahal, menurut dunia medis, bayi yang tidur tidak dengan postur sebenarnya akan kesulitan untuk tumbuh tinggi. Jadi, pilihlah ayunan yang tempat tidurnya nyaman dan tidak membuat tulang punggung bayi menjadi bengkok.

  • Pastikan ayunan kokoh dan aman

Syarat penting dalam memilih ayunan adalah, mereka harus pokok dan aman untuk bayi di ayunan tersebut harus bisa mengakomodasi berat badan bayi misalnya hingga 10 atau 20 kg.

Selain itu, pilihlah ayunan tanpa engsel dan tepian yang tajam sehingga dapat membuat jari-jari bayi terjebak atau bahkan tersayat.

  • Pilihan kecepatan untuk ayunan elektrik

Berapa ayunan elektrik memiliki kecepatan yang bisa diatur sehingga bunda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang disenangi oleh bayi.

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Mari Berkomentar...


Categories: Ibu & Bayi