Olahraga yg tepat untuk Ibu yg sedang hamil muda

Saat sedang hamil muda, kualitas dari janin yang bunda kandung akan sangat tergantung pada asupan nutrisi yang bunda konsumsi. Selain itu, aktivitas atau kebiasaan bunda dalam memperlakukan tubuh selama hamil juga akan menentukan kualitas dari janin. Nah, salah satu hal yang bisa menunjang hal ini adalah dengan melakukan olahraga untuk hamil muda.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, ada baiknya jika bunda mengenali proses pembentukan janin terlebih dahulu. Pada dasarnya, organ-organ pada janin seperti jantung, otak, paru-paru, tulang, ginjal, dan sebagainya akan terbentuk saat kehamilan memasuki trimester awal. Namun pada fase ini, sang ibu juga akan mengalami berbagai perubahan yang membuatnya merasa kurang nyaman, salah satunya adalah morning sickness, kondisi yang memaksanya untuk sering muntah dan kehilangan nafsu makan.

Sekalipun morning sickness membuat bunda kurang nyaman, namun jangan sampai bunda larut dalam kondisi seperti ini. Pola makan tetap harus bunda jaga agar sang janin mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk membantu tumbuh kembangnya. Jika bunda lalai menjaga kondisi tubuh, maka secara tidak langsung akan berdampak pada kondisi tubuh bunda dan janin yang dikandung.

Perubahan hormon yang terjadi secara ekstrim akan membuat bunda merasa lelah. Untuk itu, hindarilah aktivitas yang berat. Semakin berat aktivitas yang bunda lakukan, maka semakin berat pula kinerja dari otot-otot. Namun baiknya, bunda masih bisa melakukan beberapa kegiatan olahraga, tapi tentu harus dengan porsi yang tepat.

olahraga untuk hamil muda

Olahraga yg tepat untuk Ibu yg sedang hamil muda (ilustrasi)

OLAHRAGA UNTUK IBU HAMIL MUDA

Yoga
Yoga merupakan olahraga yang sangat baik untuk bunda yang sedang hamil muda, bahkan saat usia kehamilan sudah bertambah sekalipun. Teknik relaksasi dari senam yoga sangat bermanfaat untuk mempersiapkan diri bunda dalam menghadapi persalinan yang berat nantinya. Selain menyehatkan, yoga juga membantu untuk menenangkan ibu hamil yang begitu rentan terhadap stress.

Baca Juga: Yoga untuk Ibu Hamil

Senam Kegel
Selain bisa mempertahankan berat badan selama kehamilan, senam kegel juga bisa mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh perubahan tubuh. Selain itu, senam kegel juga sangat membantu untuk melancarkan persalinan nantinya. Sangat disarankan untuk melakukan senam kegel pada usia kehamilan awal.

Pilates
Tidak berbeda dengan senam kegel, pilates juga bermanfaat untuk menguatkan otot-otot bunda serta mencegah munculnya rasa sakit. Dikarenakan senam pilates membutuhkan pelatihan dasar, ada baiknya jika bunda mengikuti kelas basic pilates dulu dan memberitahukan kondisi kehamilan bunda pada instrukturnya

Streching
Streching bisa membantu untuk menurunkan iritasi dan komplikasi selama kehamilan. Selain itu, streching bisa menjadi pemanasan sebelum bunda melakukan olahraga yang lain

Aerobik Ringan
Bagi ibu hamil, aerobik sangat membantu untuk mencegah wasir, meningkatkan kadar oksigen yang dibutuhkan oleh janin, serta menyehatkan jantung. Namun sebelum melakukan aerobik, konsultasikan dengan dokter apakah kandungan bunda masih aman untuk melakukan hal ini.

Berenang
Berenang bermanfaat untuk meringankan tekanan pada area punggung dan juga bagian kaki yang sangat gampang lelah saat masa kehamilan. Selain itu, berenang juga bisa menjadi alternatif bagi ibu hamil yang mudah capek saat berolahraga

Sangat disarankan bagi ibu hamil agar bisa tetap meluangkan waktunya melakukan olahraga sehingga kebugaran tubuhnya bisa tetap terjaga. Selain menyenangkan, jenis-jenis olahraga di atas juga sangat mudah untuk dilakukan di rumah ataupun di pusat kebugaran.

Namun sebelum melakukan olahraga untuk hamil muda di atas, pastikan bunda Anda sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, setiap ibu hamil memiliki kondisi kehamilan dan kesehatan yang berbeda-beda sehingga kebutuhan olahraganya harus disesuaikan pula.

nama-nama bayi lelaki

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Mari Berkomentar...


Categories: Kehamilan