Tips Memilih Pakaian Balita yg Nyaman

Memilih pakaian Balita –┬áSiapa yang tidak bahagia melihat kepolosan anak-anak dengan segala jenis perlakuannya yang sangat lucu? Dengan bentuk tubuhnya yang mungil tersebut, tidak jarang orang tua ingin menampilkan sisi menggemaskan anak dengan berbagai macam pakaian. Namun hal ini kadang menjadi permasalahan ketika sang anak malah merasa tidak nyaman dengan pakaian-pakaian yang dipilih oleh orang tua. Bisa jadi karena ukuran kurang pas, bahan yang kasar, tebal bahan, model baju dan lain sebagainya.

Oleh karena itu sebagai orang tua, pantaslah Anda untuk sedikit menambah pengetahuan untuk memilih pakaian untuk anak-anak, khususnya balita. Ini dilakukan demi membuat sang buah hati merasa nyaman untuk melakukan aktivitas dalam pertumbuhannya. Jangan sampai anak balita yang sedang dalam masa pertumbuhan malah terhambat karena baju yang dikenakan selalu tidak pas dan balita merasa tidak nyaman. Nah, maka dari itu simak beberapa tips berikut untuk memilih pakaian anak balita Anda.

BACA JUGA: Tips Memilihkan Pakaian untuk Bayi

Tips Memilih Pakaian Balita yg Nyaman

Memilih pakaian Balita

Lebihkan Ukuran 1 Size
Balita adalah masa-masa pertumbuhan dan awal dari kehidupan seorang manusia. Dalam 2 tahun pertama saja, otak dan anggota tubuh lain berkembang lebih dari 50%. Maka dari itu mutlak bagi Anda untuk memperhatikan faktor ukuran dalam memilih baju untuk anak balita. Lebihkan 1 ukuran saat membeli pakaian-pakaian yang akan dikenakan. Seperti yang dikatakan sebalumnya, melebihkan ukuran ini fungsinya untuk menjaga agar pakaian bisa digunakan lebih lama.

Balita mengalami proses pertumbuhan dengan sangat cepat. Bisa jadi hanya satu atau dua kali pakai saja, ukuran pakaian untuk balita sudah berbeda. Maka lebih aman untuk membelikan anak balita ukuran yang lebih. Dengan demikian, Anda tidak perlu terlalu sering membelikan pakaian dan balitapun merasa nyaman dengan pakaiannya. Namun ingat, satu ukuran saja sudah cukup. Jika berlebihan, pakaian malah akan terasa terlalu longgar dan tidak nyaman.

Bahan yang Lembut dan Nyaman
Balita akan mengalami banyak aktivitas seperti belajar berdiri, berlari dan bermain bersama teman-temannya. Sedangkan kulit balita masih terlalu sensitif. Maka dari itu pilihlah bahan yang enak digunakan seperti linen, wol, polyester, sutra dan katun. Jangan sekali-kali memberinya bahan yang kaku dan keras. Ini akan membuatnya tidak nyaman untuk bergerak dan beraktivitas. Bisa jadi anak akan terganggu masa pertumbuhannya karena buntut dari ketidaknyamanan beraktivitas tersebut.

BACA JUGA: Tips Memilih pakaian untuk anak-anak

Maka bahan seperti jeans, denim dan kulit mutlak harus ditinggalkan. Jangan jadikan anak menjadi model seperti orang dewasa. Ini akan membuat dirinya tumbuh dengan cara yang tepat dengan efek psikologi yang lebih baik. Selain kenyamanan, pakaian dengan bahan salah membuka kemungkinan membuat anak alergi seprti bersin-bersin dan kaku otot kaki.

Sesuaikan Model Pakaian dgn ruang gerak anak
Ingat bahwa anak Anda bukan foto model dan bukan boneka. Maka jangan sekali-kali mendandaninya dengan berlandaskan contoh dari media sosial atau iklan tv. Paling penting bagi Anda adalah merasakan apa yang anak Anda rasakan saat mengenakan pakaian. Buatlah mereka mengalami dunianya dengan cara yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan memilihkan model yang pas bagi ruang gerak mereka.

Hukum utama dalam memilih pakaian balita adalah kenyamanan. Maka pilihlah model yang simpel namun menarik. Pilihlah berbagai macam gambar yang lucu dari pada tambahan asesoris. Warna-warna yang menarik namun tidak mencolok seperti biru, hijau, merah dan kuning adalah pilihan yang pas untuk warna dasar pakaian anak tersebut.

Jika memilih pakaian dengan motif, usahakan tidak bertabrakan dengan asesoris lain seperti sepatu dan jepit rambut. Tanpa Anda sadari, dengan memilih dan memadu padankan pakaian anak dengan tepat, Anda sudah mengajari mereka merasakan harmoni diri.

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Memilih pakaian Balita

Mari Berkomentar...


Categories: Fashion Anak