Tips Dan Trik Agar Anak Suka Membaca

Tips Dan Trik Agar Anak Suka Membaca – Membaca adalah suatu pekerjaan yang bisa mudah dilakukan karena sebuah pembiasaan. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun sangat sulit membiasakan diri untuk membaca setiap hari apalagi anak-anak yang masih butuh bimbingan.

Tetapi jika membaca dilakukan sejak kecil, itu akan menjadi sebuah kebiasaan dan bahkan hoby dikemudian hari. Pada akhirnya saat dewasa kelak tidak akan terasa berat karena sudah menjadi rutinitas dan hoby. Akan merasakan ada yang kurang jika satu hari tidak membaca buku.

Lalu apa Tips dan Trik agar Anak suka membaca ?

Berikut adalah beberapa tips agar anak gemar membaca:

Wujudkan budaya membaca di lingkungan keluarga terlebih dahulu
Dikarenakan jika lingkungan terdekatnya saja sudah gemar membaca, maka otomatis akan menyebarkan aura positif gemar membaca. bagaimana caranya? antara lain dengan berlangganan majalah khusus anak-anak, kemudian membatasi waktu nonton tivi dan bermain games console/gadget dan memfasilitasi bacaan untuk anak-anak. bunda dan ayah perlu membiasakan ini sejak dini ya

Buat Perpustakaan Kecil
Bagi Orang Tua yang ingin anaknya suka membaca, sisakan uang tabungan bunda untuk membeli lemari buku yang ukurannya tidak usah terlalu besar. Sesuaikan dengan kondisi yang ada di rumah. Kemudian isi lemari buku tersebut dengan beraneka ragam macam buku. Terutama buku-buku yang terdapat banyak gambar-gambar menarik untuk menarik minat baca anak. Karena anak biasanya menyenangi buku dimulai dari melihat gambar.

Mengunjungi Toko Buku
Sempatkan waktu kita untuk mengajak anak kita berkunjung ke toko buku terdekat. Dan berikan kebebasan anak untuk memilih buku yang menurut dia bagus dan disukai. Dengan begitu anak kita memiliki semangat untuk membaca dari hasil pilihan yang dia sukai. Lakukan kebiasaan ini minimal 1 minggu sekali.

Bacakan Buku Cerita
Bagi orang tua yang anaknya masih belum bisa membaca dan ingin agar anaknya hobi membaca, mulailah dengan sering membacakan buku buat anaknya. Terutama buku-buku yang di lengkapi dengan gambar-gambar menarik. Tunjukan bahwa membaca buku sungguh sangat menarik. Sehingga akan timbul keinginan dalam diri anak tersebut untuk bisa membaca dan ingin membaca.

Mengajak anak Bercerita dari buku/majalah yg ia baca
ini adalah kebiasaan di keluarga kami yg bisa bunda dan ayah tiru. setiap hari minggu ayah membawa kami putri-putrinya ke toko buku. kami bebas membeli buku cerita apapun. pada hari sabtu minggu depannya, kami semua dikumpulkan oleh ayah untuk bercerita mengenai buku yg telah kami pilih dan baca tsb. kami berlomba bercerita pada ayah karena kegiatan ini amat mengasyikkan!

Motivasi Setiap saat
Setiap orang butuh motivasi. Tidak hanya anak-anak tetapi orang dewasapun butuh motivasi setiap hari untuk menyenangi aktifitas membaca. Berikan motivasi kepada anak kita setiap hari mengenai pentingnya membaca. Misalnya Anakku ayo kita membaca, karena dengan membaca maka kita akan mendapatkan pengetahuan yang luas. Dan masih banyak lagi kata-kata motivasi yang bisa kita berikan. Tetapi jangan lupa Berikan motivasi sambil kita juga memberikan contoh terbaik.

Membiasakan Anak Suka Membaca, Ini Manfaatnya

Memiliki Perbendaharaan Ilmu yang banyak
Anak yang suka membaca akan memiliki perbendaharaan ilmu yang banyak dalam memorinya. Akan tersimpan didalam memori apa yang dia baca. Ilmu yang tersimpan tidak akan hilang begitu saja, tetapi akan secara otomatis keluar saat kita membutuhkannya.

Membuka Cakrawala Pemikiran
bukan hanya perbendaharaan ilmunya yang banyak namun cakrawala pemikirannya akan berkembang sejak dini. ini akan merangsang daya kreativitas anak. orang tua juga harus menyiapkan diri, karena anak akan banyak bertanya mengapa begini dan mengapa begitu 😀

Menumbuhkan Kepercayaan Diri
Anak yang suka membaca jelas akan memiliki banyak pengetahuan lebih dibandingkan anak yang lainnya. Ini jelas akan menumbuhkan kepercayaan diri si anak dalam bersosialisasi. Akan tumbuh jiwa leadership ( kepemimpinan ) dalam dirinya. Dan memiliki komunikasi yang baik saat berbicara di depan teman-temannya.

Memiliki Potensi Sukses lebih besar
Anak yang suka membaca akan memiliki potensi sukses yang besar dikemudian harinya dibandingkan anak yang tidak suka membaca. Ini dikarenakan wawasan yang luas dari hasil membacanya akan membuatnya mudah di hargai orang lain. Bahkan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Sukses bisa sebagai pegawai ataupun sukses sebagai wirausaha ( pengusaha ) bisa dengan mudah dia capai.

Menjadi Penulis
Manfaat dari kebiasaan membaca berikutnya adalah, mereka  yang memiliki kebiasaan ini, biasanya berpotensi menjadikan kita gemar pula menulis. Itu dikarenakan banyaknya ilmu didalam memori kita yang ingin kita tuangkan dalam tulisan. Seorang penulis harus memili syarat utama yaitu senang membaca buku. Sehingga akan lahir karya-karya tulisan yang bagus. Dengan membiasakan anak suka membaca sejak kecil maka akan lahir penulis besar dikemudian hari.

Menjadi Pembicara atau Motivator
Dengan modal ilmu yang didapatkan dari membacanya, manfaat dari hobi membaca ini akan menambah kemampuannya dalam berkomunikasi. Memiliki komunikasi yang baik adalah salah satu syarat menjadi seorang pembicara atau motivator. Apalagi ditunjang ilmu yang baik maka tidak mustahil akan lahir pula pembicara-pembicara atau motivator hebat dikemudian hari.

Ahli Ilmu dan Derajat Yang Tinggi
Dengan suka membaca sejak kecil, maka saat besar kelak dia akan menjadi seorang ahli ilmu. Dan dijanjikan derajat yang tinggi . Orang berilmu akan dimudahkan segala macam urusan. Baik di dunia maupun di akhirat. Hidupnya akan bermanfaat karena ilmunya!

Yuk gerakan anak-anak kita untuk rajin membaca agar muncul generasi-generasi sukses dikemudian hari. Tidak ada kata terlambat untuk sebuah niat baik. Jangan lupa untuk selalu memberi contoh kepada anak-anak serta memfasilitasi mereka dengan buku-buku agar mereka gemar membaca serta merasakan manfaatnya di kemudian hari.

Niat kita dalam mendidik anak sudah menjadi sesuatu yang luar biasa. Apalagi  menginginkan anak kita memiliki kebiasaan suka membaca itu sungguh pekerjaan mulia tetapi memang cukup berat pelaksanaanya. Dalam hal ini, tidak ada kata terlambat untuk menumbuhkan minat gemar membaca pada anak, lakukan dengan niat ikhlas dan kerja keras. InsyaAlloh pasti bisa! Semoga bermanfaat!

Tips Dan Trik Agar Anak Suka Membaca

image: thekalahari.deviantart.com

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Tips Dan Trik Agar Anak Suka Membaca

Mari Berkomentar...


Categories: Parenting