Merencanakan Kehamilan Setelah Keguguran

Merencanakan Kehamilan Setelah Keguguran – Kehamilan merupakan salah satu bagian dari kehidupan seorang wanita yang paling indah dan paling menyenangkan serta banyak diidam-idamkan. Namun, kadang kala musibah melanda termasuk juga keguguran. Hal tersebut seringkali menjadikan kehamilan sebagai salah satu memori paling buruk.

Keguguran yang terjadi pada kehamilan seseorang adalah salah satu yang paling berbahaya dan dapat merusak secara fisik maupun emosional. Kadang-kadang, pengalaman tersebut menjadi salah satu trauma yang sulit untuk dihilangkan dan menyebabkan seorang wanita mengalami ketakutan untuk hamil lagi.

baca juga: Cara memulihkan diri setelah keguguran

Cara merencanakan kehamilan setelah keguguran

Perlu bunda ketahui bahwa rata-rata ibu yang pernah mengalami keguguran akan mendapatkan kehamilan yang sukses dan sehat pada kesempatan kedua. Hal tersebut karena mereka menjalani pemulihan lebih cepat, percaya diri, dan rajin berkonsultasi dengan dokter termasuk juga mencari tahu penyebab mengapa mereka mengalami keguguran.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa dimanfaatkan apabila bunda sedang merencanakan kehamilan setelah keguguran:

Jangan menyalahkan diri sendiri
Ada banyak faktor mengapa seseorang yang mengalami keguguran sering kali menyalahkan dirinya sendiri. Salah satunya mungkin karena terlambat mendeteksi kehamilan itu sendiri sehingga ia berbuat sesuatu yang menyebabkan keguguran. Seorang wanita mungkin akan menyalahkan dirinya sendiri karena kehilangan anaknya dan percaya bahwa itu adalah sesuatu yang salah dan semua yang terjadi dikarenakan kelalaiannya. Namun perlu diingat bahwa hal tersebut bukanlah murni kesalahan bunda.

Kebanyakan wanita yang mengalami keguguran akan mencoba lagi untuk segera memiliki anak. biasanya dokter menganjurkan untuk menunggu hingga bunda benar-benar sembuh dari trauma. Hal tersebut bisa memakan waktu yang sangat lama atau juga tidak terlalu lama tergantung dari kesiapan mental bunda. Biasanya seorang wanita yang mengalami keguguran pada trisemester pertama akan lebih cepat sembuh baik secara fisik maupun emosional dibandingkan dengan seseorang yang mengalami keguguran pada trisemester kedua atau ketiga.

Tetaplah berkonsultasi dengan dokter
Jika bunda mengalami keguguran, cara terbaik untuk segera pulih dari masalah tersebut adalah dengan tetap berhubungan erat dan meminta nasehat serta masukan dari dokter kandungan maupun dokter ahli. Dengan demikian, bunda akan segera memahami apa yang dibutuhkan oleh tubuh bunda untuk bisa hamil tanpa keguguran lagi. Apabila bunda mengalami keguguran sekali atau dua kali itu bukanlah masalah jika bundamendengarkan nasihat dokter. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa kebanyakan wanita yang telah mengalami keguguran sekali atau dua kali akan memiliki kehamilan yang normal nantinya. bunda hanya perlu menunggu hingga tubuh bunda siap lagi.

Tetaplah memeriksa kesehatan
Rasa sakit dan nyeri yang datang pada saat bunda mengalami keguguran harus tetap dipantau oleh dokter. Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka mengalami demam setelah keguguran. Dalam kasus tersebut, konsultasikanlah dengan dokter karena mungkin saja hal tersebut mengindikasikan bahwa terjadi infeksi yang dapat menyebabkan kemandulan.

Mendeteksi kehamilan sedini mungkin
Apabila bunda merencanakan kehamilan, bunda harus memulai hidup sehat dari sejak bunda merencanakannya. Perlakukan diri bunda seolah-olah bunda sedang hamil hingga bunda mengetahui bahwa bunda benar-benar positif hamil. Wanita yang telah mengalami keguguran satu kali, biasanya cenderung lebih berhati-hati ketika menghadapi kehamilan selanjutnya. Mereka akan lebih berhati-hati dalam memilih nutrisi, asupan vitamin, suplemen dan juga biasanya akan rutin untuk cek-up.Sebagian dokter mengatakan bahwa hal tersebut sebenarnya tidak benar-benar diperlukan. Namun hal tersebut bukan juga sesuatu yang buruk. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dan usahakan untuk memperlakukan diri sendiri dengan baik semenjak bunda mulai merencanakan kehamilan.

semoga artikel singkat ini berguna, selamat merencanakan kehamilan lagi!

Merencanakan Kehamilan Setelah Keguguran

Merencanakan Kehamilan Setelah Keguguran

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Merencanakan Kehamilan Setelah Keguguran

Mari Berkomentar...


Categories: Kehamilan