Penting! Ini Kebutuhan Vitamin dan Mineral Saat Hamil dan Menyusui

Apakah bunda pernah berpikir, mengapa tubuh membutuhkan begitu banyak nutrisi selama kehamilan dan saat menyusui?

Ini merupakan faktor yang sangat penting. Tubuh seorang ibu biasanya mengalami banyak perubahan yang mengharuskan mereka untuk melakukan perubahan juga dalam makanan yang ia konsumsi.

Jadi, sangat penting untuk memperhatikan kualitas makanan yang bunda konsumsi. Ibu hamil sangat rentan terhadap kekurangan vitamin dan juga mineral selama tahap tahap berikut ini:

Kebutuhan Vitamin dan Mineral Saat Hamil dan Menyusui

Pada tahap kehamilan
Biasanya bayi membutuhkan mineral dan juga vitamin, terutama zat besi dalam jumlah yang banyak. Apabila ibu tidak memenuhi kebutuhan bayi, makan bayi akan mengambil zat besi dari tubuh bunda. Hal tersebut akan menyebabkan bunda beresiko kekurangan vitamin atau zat tertentu. Biasanya, apabila seorang ibu hamil tidak memenuhi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan oleh bayi, ibu bisa mengalami gejala anemia, atau sakit gigi, dan lain-lain.

Tahap Persalinan
Tubuh menggunakan banyak energi selama kehamilan dan pada saat menyusui. Selain itu, tubuh seorang ibu juga seringkali banyak kehilangan zat besi pada saat bersalin. Hal tersebut terjadi karena tubuh biasanya akan mulai mempersiapkan air susu untuk bayi.

Tahap menyusui
Pada tahap ini, tubuh bunda akan mengkompensasi vitamin dan juga mineral yang hilang selama kehamilan dan pada fase persalinan. Pada saat menyusui biasanya seorang ibu juga menghasilkan susu dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi kebutuhan bayi. Wanita menyusui harus memberikan perhatian khusus terhadap kebutuhan zinc atau seng sebagai sarana untuk meningkatkan mineral dalam tahap ini.

Pencegahan kekurangan mineral dan vitamin

Untuk mencegah kekurangan mineral dan juga vitamin, setiap ibu harus mengkonsumsi makanan yang seimbang dan bervariasi. Namun apabila bunda tetap kekurangan vitamin dan juga mineral, biasanya dokter akan merekomendasikan suplemen. Beberapa penyebab mengapa dokter merekomendasikan suplemen biasanya karena,

  • Jika ibu hamil atau menyusui mengkonsumsi kalori kurang dari 1.800 per hari.
  • Dalam beberapa kasus anemia atau kehilangan darah secara berlebihan biasanya juga akan direkomendasikan kepada ibu untuk mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Kehilangan darah yang berlebihan terutama setelah operasi caesar, sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan suplemen.
  • Jika bunda sering merasa lelah atau pusing.
  • Beberapa kondisi kesehatan mengharuskan dokter meresepkan atau merekomendasikan suplemen vitamin dan mineral.

Bayi kembar
Dalam kasus yang tidak terlalu banyak, seringkali ibu-ibu bertanya mengenai vitamin dan mineral yang harus mereka konsumsi apakah perlu untuk menambah jumlahnya pada saat mereka mengandung atau menyusui bayi kembar?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut tentu saja adalah “Ya”. Seorang ibu hamil yang mengandung dan menyusui bayi kembar membutuhkan lebih banyak nutrisi terutama kalsium dan zat besi. Jika bunda tidak berencana untuk mengambil suplemen prenatal yang diresepkan oleh dokter, bunda tetap harus memberikan perhatian khusus terhadap diet atau makanan yang dikonsumsi. Selalu sediakan makanan yang beragam dengan kualitas yang lebih baik dari makanan yang selama ini bunda konsumsi. Sangat penting untuk memperhatikan gizi yang terkandung di dalam makanan maupun minuman bunda.

Langkah terbaik yang harus diambil oleh seorang ibu yang mengandung atau menyusui bayi kembar adalah dengan mengkonsumsi kelompok makanan berikut, mulai dari,

  • Roti dan sereal
  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Daging, dan
  • Kacang kacangan,

Setiap kelompok makanan tersebut sangat penting, karena makanan tersebut menyediakan berbagai jenis nutrisi dan juga energi yang dibutuhkan selama kehamilan dan menyusui.

Kebutuhan Vitamin dan Mineral Saat Hamil dan Menyusui

Kebutuhan Vitamin dan Mineral Saat Hamil dan Menyusui

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Mari Berkomentar...


Categories: Kehamilan