Inilah Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi!

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi – Setiap harinya, si bayi pasti menggunakan popok untuk mencegah pipis serta kotoran dari buang air besarnya. Seringkali kulit bayi yang sensitif tidak cocok dengan popok yang dikenakan, sehingga bisa menyebabkan ruam popok. Untuk itu ibu bisanya bingung, hal apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk mengatasi ruam popok tersebut. Ruam popok biasanya disebut dengan dermatitis popok.

ruam popok

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Dermatitis popok adalah iritasi yang terjadi pada kulit bayi di bagian pantat. Hal ini biasa dialami oleh bayi dan tidak akan menyebabkan efek berbahaya pada bayi. Ruam popok atau dermatitis popok ini akan membuat kulit bayi menjadi perih dan gatal serta menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Ruam popok akan membuat bayi tidak nyaman dan seringkali menangis atau pun rewel. Ruam popok biasanya disebabkan popok yang tidak bisa menyerap keringat, saat popok basah tidak langsung diganti, dan popoknya terlalu kasar. Ruam popok ini juga sebagai akibat bakteri dan kelembaban pada kulit. Berikut adalah berbagai cara untuk mengatasi ruam popok pada bayi:

baca juga: Berbagai Masalah pada Bayi dan Solusinya (part 1)

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

  • Sebaiknya saat anak terkena ruam popok, jangan gunakan popok selama beberapa waktu agar ruam popok cepat sembuh. Hal ini bermaksud untuk menjaga agar pantat si bayi kering, sehingga tidak lembab yang dapat mengakibatkan ruam popok pada kulit bayi.
  • Jika terpaksa bayi harus memakai popok, sebaiknya setelah popok basah langsung diganti agar ruam popok bisa dikurangi.
  • Cuci popok sampai bersih setelah selesai digunakan. Sabun yang digunakan untuk mencuci popok sebaiknya jangan pilih yang mengandung parfum. Saat mencuci popok harus benar-benar bersih, jangan sampai ada detergen yang tertinggal. Ini karena detergen juga dapat menyebabkan ruam popok. Sebaiknya saat mencuci popok tambahkan setengah cangkir cuka untuk benar-benar membersihkan popok bayi.
  • Saat membersihkan pantat bayi, sebaiknya gunakan air hangat serta sabun yang lembut. Bersihkan pantat bayi sampai benar-benar bersih, jangan sampai ada sisa kotoran atau urine yang tertinggal. Jika pantat bayi kasar dan merah, sebaiknya jangan menggunakan sabun saat membersihkannya.
  • bunda juga dapat mengatasi ruam popok dengan mengoleskan gel aloe vera atau lidah buaya untuk melembabkan pantat bayi.
  • Hindari penggunaan tissue basah untuk membersihkan pantat bayi bunda
  • Jangan gunakan popok dengan pinggiran yang terbuat dari plastik, karena dapat melukai kulit bayi serta membuat bayi tidak nyaman.
  • Selain itu, jangan menggosok pantat bayi atau menggunakan bedak talek. Bedak talek bisa terhirup oleh bayi ketika digunakan
  • Gunakanlah popok bayi yang terbuat dari bahan penyerap keringat seperti katun. Saat memakaikan popok jangan terlalu ketat agar bayi bebas bergerak. Pemakaian popok yang terlalu ketat juga membuat sirkulasi udara menjadi tidak lancar, yang mengakibatkan pantat bayi menjadi lembab karena keringat.

Itulah beberapa cara mengatasi ruam popok yang dapat bunda lakukan. Jika ruam popok belum hilang padahal bunda sudah melakukan cara mengatasi ruam popok di atas, segera konsultasikan ke dokter anak / bidan

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Mari Berkomentar...


Categories: Ibu & Bayi