Tanda Kehamilan yg Sehat

Tanda Kehamilan yg Sehat – Bagi ibu yang sedang mengandung, tentu memiliki harapan agar kandungannya sehat dan sang bayi dapat lahir dengan normal. Akan tetapi, banyak wanita hamil yang merasa khawatir berlebihan tentang kehamilannya. Padahal, terlalu panik justru tidak baik bagi kesehatan kehamilan itu sendiri.

Wanita yang sedang hamil sebaiknya tak terlalu panik dengan kondisi kehamilannya. Yang penting tidak terjadi kondisi yang membahayakan seperti terjadinya pendarahan. Kemungkinan besar kondisi kehamilan masih aman dan tak perlu dikhawatirkan. Berikut adalah tanda kehamilan yang sehat untuk Anda ketahui.

Tanda Kehamilan yg Sehat

Kenaikan berat badan secara berkala
Kenaikan berat badan sangat penting dalam masa kehamilan. Sangat penting untuk menimbang berat badan Anda secara rutin pada saat hamil. Selama wanita sedang hamil, sebaiknya kenaikan berat badan antara 12 hingga 15 kilo gram. Kenaikan tersebut harus secara bertahap dan tidak boleh terlalu drastis. Kenaikan berat badan yang terlalu drastis dan berlebihan justru dapat berisiko terhadap kehamilan.

Normalnya tekanan darah
Tekanan darah pada saat hamil juga harus diperhatikan. Jangan sampai wanita yang sedang mengandung mengalami tekanan darah tinggi atau tekanan darah yang terlalu rendah. Tekanan darah tinggi pada wanita hamil dapat memicu komplikasi pada saat kehamilan maupun ketika persalinan. Jika tekanan darah selalu normal, berarti itu adalah sebuah pertanda bahwa kehamilan Anda cukup sehat dan baik-baik saja.

Tubuh merasa nyeri
Rasa nyeri pada tubuh yang terjadi pada masa kehamilan adalah hal yang wajar terjadi. Nyeri yang terjadi pada tubuh wanita hamil terjadi karena tekanan pada perut dan tambahan beban tubuh akibat semakin besarnya janin. Sakit ringan seperti nyeri punggung memang normal terjadi dan merupakan tanda kehamilan yang sehat. Akan tetapi jika rasa sakitnya terlalu parah sebaiknya konsultasikan pada dokter atau bidan.

Kadar gula darah normal
Pada masa kehamilan, produksi insulin dalam tubuh harus meningkat. Pada beberapa wanita, peningkatan insulin tidak cukup baik sehingga pengaturan gula darah menjadi tidak stabil. Akibatnya gula darah menjadi terlalu tinggi, terutama setelah makan. Kenaikan gula darah yang tinggi ini disebut diabetes kehamilan. Akibatnya, wanita yang mengalami diabetes pada saat hamil berisiko sulit saat melahirkan. Oleh karena itu, Anda juga perlu memeriksa gula darah pada masa kehamilan.

Pergerakan janin
Tanda kehamilan yang sehat juga ditandai dengan pergerakan janin. Pergerakan janin ini umumnya terjadi pada bulan ke empat atau ke lima kehamilan. Tentu hal ini menjadi hal yang indah bagi sang ibu karena bayi yang ada di dalam kandungan mulai bergerak dan menandakan bahwa kandungannya sehat. Dan jika bayi di dalam kandungan tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama, lebih baik periksakan kandungan Anda.

Tanda kehamilan yang sehat ini bisa Anda perhatikan pada masa kehamilan. Semoga bermanfaat dan bayi Anda bisa lahir dengan selamat

5 artikel terakhir di Blog Mutiara Bijaksana

Yuuk langganan Blog Mutiara Bijaksana

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Tanda Kehamilan yg Sehat

Mari Berkomentar...


Categories: Kehamilan